Manfaat Buah Ceri Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Kamis, 01 Oktober 2015
Manfaat Buah Ceri Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Ceri adalah kelompok tumbuhan maupun buahnya anggota marga Prunus. Ceri tidak mencakup satu jenis saja, tetapi ada beberapa, seperti P. cerasus, P. avium, dan P. emarginata. 

Ceri adalah pohon yang sangat disukai di Jepang dan bunganya disebut sakura. Pada awal musim semi, di saat bunga ceri bermekaran, orang-orang berpiknik di taman-taman yang ditumbuhi pohon ini. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa selatan pada bulan Juni. Produksi di seluruh dunia saat ini tiga juta ton per tahun. Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Selain itu, rutin mengkonsumsi buah ceri setiap hari dapat menurunkan jumlah kadar asam urat dalam tubuh, bahkan dapat menyembuhkan pirai.

Manfaat Buah Ceri Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah nyeri otot
Dengan mengkonsumsi 2 cangkir jus ceri setiap hari, maka akan mampu mengurangi penyakit nyeri otot akibat kelelahan seharian bekerja.
  • Mencegah Alzheimer
Zat antioksidan yang banyak terdapat dalam buah ceri, dapat meningkatkan daya ingat sehingga mampu mencegah penyakit alzheimer.
  • Membantu Menghindari Insomnia
Dengan meminum jus buah ceri saat 30 menit sebelum tidur, itu akan mampu meningkatkan kualitas tidur, karena buah ceri mengandung melatonin.
  • Mencegah Penyakit Diabetes
Buah ceri ini ternyata mengandung sedikit gula, sehingga dapat membantu anda dalam mencegah penyakit seperti diabetes. Jika dibandingkan dengan buah seperti anggur, plum dan yang lainnya, buah ceri ini lebih disarankan untuk di konsumsi daripada buah yang lainnya.
Apabila anda rutin mengkonsumsi buah ceri ini, maka secara perlahan tubuh anda pun akan terjaga serta mencegah penyakit gula seperti diabetes.
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu khasiat dari buah ceri ini adalah dapat menjaga kesehatan jantung secara mudah, karena kandungan kalium yang tinggi, sehingga membuat buah ini menjaga jantung kita dengan baik. Kalium dalam ceri bermanfaat untuk mengatur fungsi dari detak jantung dalam tubuh, sehingga menjadikan jantung sehat dan bekerja dengan maksimal.
  • Dapat Mencegah Masalah Penuaan Dini

Jika anda takut terkena penuaan dini, maka anda dapat mengkonsumsi buah ceri ini denagn teratur. Mengapa demikian ? karena kandungan seperti zat anti oksidan dalam buah ceri ini bermanfaat sekali untuk mencegah penuaan. Disamping itu juga, buah ceri ini pun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta kecantikan anda.
  • Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Penyakit stroke ini pun dapat dikurangi dengan cara mengkonsumsi buah ceri, karena seperti yang kita ketahui jika penyakit stroke ini sudah melanda seseorang, maka sudah pasti harus membutuhkan perawatan yang lebih intensif lagi.

Berikut adalah beberapa manfaat buah ceri lainnya bagi kesehatan:
1. Kaya antioksidan

Buah ceri kaya akan antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan mengurangi stress. Buah ceri juga dapat mencegah penyumbatan darah karena mengandung senyawa flavonoid atau glikisida antosianin.

2. Kaya akan Nutrisi
Ceri mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga aman. Hal ini sangat berguna bagi seseorang yang sedang dalam program penurunan berat badan.

3. Pengeluaran Racun


Pengeluaran racun atau yang sering dikenal dengan detoksifikasi juga bisa dimaksimalkan dengan mengkonsumsi buah ceri. Manfaat detox yang alami ini akan terjadi dengan aman, sehingga tidak akan menyebabkan efek samping.

4. Mengatasi Asam Urat


Kandungan antosianin dalam buah ceri berkhasiat untuk mengatasi asam urat sehingga efektif untuk mengurangi peradangan nyeri sendi.

5. Penghilang Rasa Sakit


Buah ceri bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit tanpa mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara tepat.

6. Sebagai Anti Inflamasi

Buah ceri selanjutnya yakni buah ini mengandung antosianin yang juga bermanfaat untuk anti inflamasi. Atau bisa dikatakan bahwa buah ceri dapat berperan untuk mencegah penyakit berat atau kronis.

7. Meningkatkan Gairah Suami Istri

Buah ceri mempunyai kandungan manfaat vitamin A dan manfaat Vitamin C yang tinggi. Hal ini membuatnya berkhasiat untuk meningkatkan gairah baik pria maupun wanita yang sudah menikah.

8. Mengurangi Nyeri Otot


Kandungan anti inflamasi pada buah ceri berkhasiat untuk mencegah nyeri otot. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan pada atlet lari. Atlet yang meminum jus buah ceri sebelum lari jarak jauh, mengalami nyeri otot yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan atlet yang tidak meminum jus buah ceri.

9. Efektif untuk Diuretik

Buah ceri mengandung kalium yang berkhasiat untuk diuretik yang efektif. Sistem diuretik yang baik, akan menjaga teraturnya proses pembuangan urin. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada :

10. Membuat Tidur Nyenyak


Buah ceri dapat mengatur tidur seseorang karena kandungan melatonin yang ada di dalamnya. Selain itu, zat ini juga berguna untuk mengoptimalkan fungsi otak dengan mencegah terjadinya mudah lupa. Hal ini sama manfaat coklat bagi tubuh yang memberikan rasa tenang.

11. Merawat Kulit

Kandungan antioksidan pada buah ini termasuk yang tertinggi. Jus ceri sangat berkhasiat untuk mengurangi terjadinya masalah pada kulit. Ilmuwan dari Amerika juga menyatakan bahwa satu gelas jus ceri bisa mencegah penuaan dini jika diminum setiap hari.

12. Mengurangi Efek Radikal Bebas

Buah ini kaya akan flavonoid dan antioksidan yang berguna untuk menangkal efek radikal bebas sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini dan mencegah kanker. Kandungan anti inflamasi buah ceri juag berkhasiat mencegah penyakit jantung.

Kandungan Gizi Ceri
Gizi & nutrisi buah ceri per 100 gram
Ceri manis dan asam memiliki kandungan gizi berbeda. Meski sama-sama mengandung kalori yang sangat rendah, ceri asam mengandung lebih banyak vitamin C dan A per 100 g-nya. Ceri asam juga lebih kaya akan antioksidan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.
Baik ceri manis maupun asam juga memiliki antioksidan stabil melatonin serta flavonoid antosianin glikosida yang membuat warna mereka menjadi merah. Ceri termasuk salah satu makanan yang memiliki nilai antioksidan ORAC (kapasitas penyerapan radikal bebas) terbesar.
Nilai ORAC ceri manis bahkan sama tingginya dengan stroberi. Selain itu, ceri juga diperkaya dengan mineral seng, zat besi, potasium, mangan, dan tembaga.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar