Pantangan Makanan Untuk Penyakit Maag

Senin, 14 September 2015
Pantangan Makanan Untuk Penyakit Maag. Sakit maag merupakan penyakit lambung yang sangat menggangu, terkadang penyakit tersebut tiba-tiba muncul ketika Kita sedang menjalankan aktivitas.Penyakit maag merupakan penyakit yang biasa terjadi pada masyarakat, hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur, dan gaya hidup seseorang yang tidak sehat. Selain itu jenis makanan, waktu makan (terlambat makan), bahkan stres juga dapat mempengaruhi meningkatnya kadar asam lambung dalam tubuh.

Makanan Pantangan Untuk Penyakit Maag
 
1. Gorengan
Makanan yang dimasak dengan cara digoreng memang sangat nikmat dan guruh. Tapi untuk Anda yang terkena penyakit maag, sebaiknya hindari konsumsi gorengan yang terlalu banyak. Makanan yang digoreng dapat mempengaruhi naiknya gas asam di dalam lambung, oleh karena itu mengkonsumsi gorengan dapat memicu rasa nyeri pada kerongkongan dan ulu hati atau disebut heartburn.

2. Susu olahan yang tinggi lemak
Segala jenis makanan yang berasal dari susu yang diolah dan memiliki lemak tinggi juga harus dihindari oleh orang yang memiliki penyakit maag. Contoh produk ini yaitu mentega yang memiliki kadar lemak sangat tinggi sehingga harus Anda jauhi.

3. Cokelat
Cokelat juga merupakan makanan pantangan untuk penyakit maag yang harus Anda hindari. Kandungan kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang terdapat pada cokelat dapat memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan cokelat sehingga tidak baik untuk penderita asam lambung.

4. Produk hasil fermentasi
Beberapa jenis produk hasil fermentasi antara lain yaitu tape dan oncom. Namun untuk tempe dan yoghurt masih aman untuk di konsumsi oleh penderita penyakit maag.

5. Buah-buahan yang banyak mengandung gas
Mengkonsumsi buah memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Akan tetapi ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak di konsumsi oleh penderita penyakit maag. Buah nanas, nangka, rambutan, durian merupakan contoh dari beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi jenis buah ini jika mengalami sakit maag. Kandungan gas pada buah-buahan tersebut dapat memicu naiknya kadar asam dalam lambung sehingga membuat sakit maag kambuh.

6. Minuman bersoda
Minuman yang mengandung soda bukanlah minuman yang sehat dan pantas di konsumsi sebagai minuman harian. Sebab minuman soda terbukti berbahaya jika di konsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi. Jenis minuman berkarbonasi ini akan memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Efek karbonasi juga dapat menyebabkan gangguan perut seperti perut kembung sehingga Anda merasa tidak nyaman.

8. Kopi dan teh
Penggemar kopi memang memiliki selera yang tinggi untuk menemani kopi. Namun jenis minuman ini bukanlah minuman yang cocok bagi penderita maag. Bahkan bukan hanya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang dapat memicu gangguan pada lambung. Kurangi minum kopi dan teh, lebih baik perbanyak minum air putih karena sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk di konsumsi yaitu:
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
  • Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
  • Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
  • Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:Roti dan makanan dari tepung, Susu, yoghurt, Kacang-kacangan, Minuman bersoda, Kopi, dan makanan yang mengandung kafein
 Makanan Saat Maag Yang Harus Dihindari
  1. Makanan pedas. Saat kamu maag, sebaiknya hindari makan makanan pedas, karena makanan pedas terbukti dapat memperburuk kondisi maag. Saat maag mu kambuh, sebaiknya menghindari cabai, paprika, merica, atau rempah-rempah panas dan pedas saat di lambung.
  2. Kafein. Minuman mengandung kafein juga harus dihindari oleh penderita maag, atau yang beresiko terkena maag. kafein cenderung meningkatkan keasaman pada lambung, sehingga akan memperburuk keadaan.
  3. Makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas.
  4. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung: nasi keras, ketan, jagung, ubi talas.
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat:
  6. Minuman yang mengandung soda dan alkohol: soft drink, tape, susu, anggur putih dan kopi.
  7. Obat atau suplemen yang bersifat asam dan merangsang keluarnya asam lambung , zat besi, vitamin C, asam salisilat, acetosal, kartikosteroid dan obat-obat anti rematik.
  8. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. seperti makanan berlemak, kue tart, coklat, dan keju.
  9. Makanan yang melemahkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, santan kental, dan goreng-gorengan.
  10. Hindari Buah Mangga yang Masih Muda. Karena buah tersebut dapat menyebabkan sakit perut.
 Makanan yang aman untuk di konsumsi penderita sakit maag.


  • Buah-buahan
Jenis buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung.
  • Kentang
Kentang yang bersifat basa di pagi hari, yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum kamu memakan makanan lain. Sumber karbohidrat yang terkandung di dalam kentang pun dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama.
  • Bubur ayam
Bubur ayam amat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit, terutama bagi penderita maag akut.
  • Pisang
Kalium yang dikandung dalam pisang bermanfaat menyeimbangkan di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.
  • Brokoli
Brokoli sumber kalium dan zat sulfur yang berperan sebagai antioksidan pelindung terhadap lapisan dalam kulit lambung, juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh.
  • Lidah buaya
Kandungan saponin yang terdapat di dalam lidah buaya memiliki kemampuan antiseptik, sehingga bermanfaat untuk meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka.
  • Kol
Kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, serta mengobati luka pada saluran pencernaan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar