Cara Membersihkan Usus Dengan Makan Buah Buahan

Jumat, 11 September 2015
Cara Membersihkan Usus Dengan Makan Buah Buahan. Usus adalah bagian yang tak terlepas dari paparan racun setiap hari, plus kurangnya asupan nutrisi dan serat yang umumnya kurang pada makanan modern. Inilah alasan yang paling mungkin, kenapa banyak orang memiliki masalah pada sistem pencernaan mereka. Tapi jangan khawatir karena beberapa jenis makanan secara alami bermanfaat menjaga sistem pencernaan termasuk membantu membersihkan dari hal yang bisa menyebabkan sakit. Karena membersihkan usus adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, serta mengurangi risiko penyakit terutama kanker usus besar.

Cara Membersihkan Usus
*Makanlah lebih banyak serat. Pikirkan tentang serat seperti sapu yang menyapu semua sampah dalam sistem pencernaan anda, serat adalah satu-satunya gizi yang tidak dicerna dan membantu kontraksi usus. Secara singkat, semakin banyak serat = semakin kosong usus.
  • Biji rami dan oat merupakan sumber serat yang kaya -- baik jenis yang larut dalam air maupun yang tidak. Buah-buahan (seperti strawberry dan apel), sayur-sayuran, whole grain, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik.[1]
  • Makanlah sekitar 20 hingga 35 gram serat sehari.[1] Anda akan perlu meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran secara signifikan (5 sajian per hari) dan paket whole grain (dalam 6 bungkus), tetapi berita baiknya adalah produk-produk tersebut semuanya lezat, sehat, dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.
*Minumlah banyak air. Air putih yang enak dan menyegarkan akan membuat segala sesuatu dalam tubuh Anda berfungsi dengan lebih baik. Daripada meminum 8 gelas berisi 8 ons air, perhatikan warna urin Anda. Jika warnanya kuning pucat atau hampir bening Anda melakukan pekerjaan yang baik; jika lebih gelap dari itu, mulailah minum lebih banyak!
  • Minuman yang mengandung alkohol dan kafein tidak terhitung sebagai asupan cairan keseluruhan anda, jenis minuman tersebut malah akan membuat Anda dehidrasi. Untuk alasan ini dan alasan lain (menurunkan kalori, dll), paling baik untuk menghindari minuman di atas.
  • Banyak minum juga dapat membantu menyembuhkan konstipasi. Minuman dikenal dapat meningkatkan ukuran kotoran, menambah cairan ke dalam usus Anda, dan membersihkan segala macam sampah.
* Konsumsi makanan yang berfermentasi lebih banyak. Percaya atau tidak, ada bakteri dalam makanan berfermentasi yang sangat baik bagi Anda dan usus Anda. Tanpa bakteri ini, gizi tertentu tidak akan melalui proses sintesis, racun tidak terdegradasi, dan mikroorganisme penyebab penyakit dapat membangun rumah dalam sistem pencernaan Anda. Pada dasarnya, bakteri ini memberi energi pada sel-sel dalam usus Anda untuk melakukan pekerjaan mereka.
  • Yoghurt, miso, kimchi, dan asinan kubis adalah empat contoh makanan berfermentasi. Teh kefir dan kombucha memberikan manfaat baik yang sama melalui minuman.
*Go green. Setidaknya dengan pola makan Anda. Klorofil bukan hanya memberi tanaman warna hijau, tetapi juga membersihkan dan memperbaiki kerja jaringan dalam saluran pencernaan. Selain memberi serat, sayuran hijau juga dapat memperbaiki kerja usus Anda!
  • Alfalfa, wheatgrass, brussel sprouts, bayam, kacang polong, dan rumput barley merupakan sumber klorofil yang baik. Klorofil cair juga merupakan pilihan, tetapi memperbanyak sayuran merupakan pilihan yang lebih alami.
Makanan yang hebat untuk membersihkan usus

  • Brokoli
Supaya memiliki tubuh yang indah dan tubuh yang super sehat, kita perlu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mempercepat pergerakan makanan. Salah satu cara yang terbaik adalah untuk makan lebih banyak serat. Brokoli, dan bunga kol adalah sayuran sumber yang kaya serat.

Sayuran ini juga memiliki kemampuan besar untuk mendetoksifikasi usus besar setiap kali Anda memakannya. Lebih dari 500 studi menunjukkan bahwa sayuran adalah makanan pencegah kanker yang paling kuat. Hal ini karena tingkat kandungan antioksidannya yang sangat tinggi.
  • Jeruk Lemon dan air hangat
Lemon bermanfaat merangsang hati untuk memproduksi empedu, yang secara keseluruhan membantu fungsi sistem pencernaan menjadi lebih baik. Produksi empedu yang baik akan membuat perut juga bekerja lebih baik, termasuk pergerakan dan membersihkan. Minum segelas air hangat dan air lemon setiap pagi akan mendetoksifikasi tubuh sekaligus membantu usus membersihkan diri.
  • Bawang putih
Bawang putih tidak hanya membatu sirkulasi darah oleh jantung, tetapi juga bersifat bisa menghilangkan racun oleh bakteri dan parasit dari usus besar. Bawang putih juga mengandung antioksidan kuat yang bermanfaat mengurangi peradangan. Dengan demikian akan meningkatkan penyerapan nutrisi makanan, meningkatkan pencernaan, dan menghilangkan zat/bahan sisa dan racun dari dalam usus.
  • Air minum
Usus yang dehidrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan sembelit, kondisi yang akan menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa pentingnya memastikan bahwa diri Anda sudah mendapatkan minum yang cukup setiap hari.
  • Alpukat
Alpukat Kaya akan jenis serat larut dan tidak larut, yaitu senyawa yang akan merangsang pergerakan usus yang sehat dan membersihkan usus besar. Serat secara umum mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Serat larut bersifat menyerap air dan mengikat zat lain yang ada dalam usus besar untuk dikeluarkan secara bersama-sama
  • Sayuran berdaun hijau tua
Sayuran berdaun hijau tua, seperti kangkung dan bayam bersifat melindungi pencernaan dan melindungi usus besar. Klorofil yang larut dalam lemak akan menempel pada lapisan dinding usus besar, menangkap bakteri, dan menghilangkannya dari usus besar, serta menjaga lapisan lendir dalam dinding saluran pencernaan. Sayuran hijau lainnya adalah seledri dan kacang polong. Sayuran hijau tinggi klorofil, yang akan membersihkan usus besar sekaligus membantu mendetoksifikasi hati Anda.
  • Makanan Fermentasi
Sistem pencernaan terdapat bakteri jenis menguntungkan yang bertugas membantu pencernaan makanan, keseimbangan, penyerapan nutrisi, dan pembuangan zat sisa dan racun. Pada saat keseimbangan bakteri dari sistem pencernaan terganggu, maka kesehatan seluruh tubuh keseluruhan juga bisa terganggu . Lebih dari 80 persen sistem kekebalan tubuh berada pada usus Anda, jadi ketika flora usus tidak seimbang, maka sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan bekerja dengan baik.

Makan banyak makanan fermentasi seperti yoghurt, kombucha, acar, tempe, dan kimchi akan membantu keseimbangan bakteri usus besar. Semuanya adalah makanan probiotik yang akan membantu menjaga sistem pencernaan seimbang dan sehat.
  • Lidah Buaya
Lidah buaya baik untuk tubuh, untuk luar dan dalam – sehingga bisa menjadi suplemen alami yang meredakan peradangan dalam tubuh, dan membantu mencegah masalah pencernaan. Aloe vera juga merupakan cara yang bagus untuk meringankan sembelit dan melegakan sistem pencernaan.
  • Kacang -kacangan
Kacang-kacangan memiliki kemampuan membersihkan usus besar, serta kaya nutrisi dan antioksidan. Kacang-kacangan dan bijian adalah makanan kaya akan zat besi, seng, kalium, kalsium, vitamin B, dan protein.  Kacang adalah protein nabati yang bersih bebas steroid, hormon pertumbuhan, atau antibiotik.
  • Apel
Apel adalah buah super yang paling terkenal kuat dalam hal kesehatan tubuh. Apel kaya serat, sehingga mempromosikan pencernaan yang sehat. Pektin dalam kulit apel adalah jenis karbohidrat yang menebalkan dinding usus. Pada dosis terapi, pektin menghilangkan racun yang mengumpul dalam usus besar(termasuk logam berat) sekaligus memperkuat lapisan usus. Buah lain yang kaya Pektin adalah pisang dan buah jeruk.
  • Teh Hijau
Teh hijau tak hanya bisa menurunkan berat badan, detoksifikasi, juga berkemampuan membersihkan usus besar . Teh hijau kaya akan antioksidan, yang meningkatkan fungsi usus dan pembersihan usus besar . Minum tiga cangkir teh hijau setiap hari juga akan meningkatkan metabolisme, menjaga tubuh fit, dan membakar lemak.

Buah Mulberry
Buah ini tidak mempunyai bentuk seperti gumpalan anggur yang kecil mungil, rasanya yang mains jika matang banyak disukai orang, tapi murbei akan terasa kecut jika masih mentah. Murbei termasuk dalam famili Moraceae. Murbei merupakan tumbuhan semak yang dapat menjadi pohon dengan tinggi mencapai 10m.

Manfaat buah mulberry untuk kesehatan
  1. Mengobati Tekanan darah tinggi, kaki bengkak
        Caranya: Daun murbei segar sebanyak 15 gr dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin air disaring lalu dibagi untuk 2 x minum pagi dan sore.
     
  2.     Memperbanyak keluarnya ASI
        Caranya: Daun dimasak sebagi sayur lalu dimakan dengan nasi.
     
  3.     Mengobati Kencing nanah kulit
        Caranya: Akar murbei, adas pulosari dan kayu sandel direbus.
      
  4.   Mengobati Bisul dan radang kulit
    Caranya: Daun segar sebanyak satu genggam cuci lalu rebus dengan dua gelas air biarkan sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin kemudin disaring, diminum sekaligus. Rebusan daun murbei juga berguna untuk membersihkan darah jika diminum secara teratur.
     
  5. Mengobati Luka – borok
    Caranya: Cuci bersih lalu dioleskan dengan minyak kelapa. Layukan di atas api kemudian diremas2 dengan jari tangan hingga lemas. Kemduan daun dipakai untuk menutup luka. Sebelumnya luka dicuci dulu dengan rebusan akar trenguli.
     
  6. Mengobati gigitan ular
    Caranya: Daun murbei segar sebanyak 20 gram cuci lalu digiling halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak, disaring dan diperas; air yang terkumpul bisa langsung diminum sekaligus.
     
  7. Mengobati Berkeringat malam
    Caranya: Daun murbei kering dijadikan serbuk sebanyak 6-9 gram kemudian direbus dengn air beras sampai mendidih, setelah dingin lalu diminum.
     
  8. Mengobati Rematik
    Caranya: Ranting murbei kering sebanyak 15 gram rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.
     
  9. Untuk hepatitis kronis, kurang darah, tekanan darah tinggi
    Caranya: Buah murbei segar sebanyak 10 gram ditambah air masak 1 gelas lalu diblemder. Hasil blenderan langsung diminim sekaligus.
     
  10. Mengobati Jantung lemah
    Caranya: Buah murbei secukupnya kemudin dijus lalu minum.
    Napas pendek, bengkak di mata kaki dan rasa nyeri di dada akan berkurang degan meminum jus buah murbei setiap hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar