Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Kamis, 03 September 2015
Telinga


 Tips Menjaga Kesehatan Telinga. Telinga adalah salah satu indra yang sangat penting dari ke empat panca indra yang lainnya. Karena tanpa keberadaan indra tersebut, maka otomatis mengakibatkan seseorang menjadi bisu. Karena tidak ada suara suara yang mereka tangkap atau dengar. 
Seperti yang sudah kita ketahui, Telinga memiliki berbagai susunan yang mana memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan di teruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak. Sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai suara tersebut. Untuk itu sangat penting kita untuk menjaga kesehatan telinga.

Berikut tips menjaga telinga tetap sehat :


  1. Hindari Kebisingan Parah. Usahakan untuk menghindari berbagai suara yang memiliki tingkat kebisingan yang terlalu tinggi. Suara-suara yang terlampaui tinggi tersebut seperti suara gergaji mesin, suara musik yang terlalu keras dan lain-lain.
  2. Jaga Volume Suara Ke Telinga. Usahakan untuk merubah berbagai kebiasaan yang dapat mengurangi kemampuan mendengar anda. Seperti suka mendengarkan musik dengan headset atau mengeraskan volume suara musik ke level maksimal.
  3. Menuju Ke Tempat Yang Tenang. Usahakan untuk tidak berlama-lama berada di sebuah tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang terlampaui tinggi. Dalam hal ini, segeralah berpindah dari tempat-tempat yang memekakkan telinga anda tersebut.
  4. Gunakan Penyumbat Telinga. Jika anda harus berada di suatu tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, maka ada baiknya menggunakan penyumbat telinga yang dapat mengurangi kerasnya suara yang masuk ke lubang telinga.
  5. Jauhi Rokok. Ada fakta unik yaitu terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang. Dalam hal ini, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, maka indera pendengarannya akan mengalami penurunan pula dari waktu ke waktu.
  6. Hindari Kebiasaan Buruk Pada Telinga. Mulai sekarang, jangan membersihkan bagian dalam telinga dengan kapas. Ini dikarenakan, akan malah mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga masuk lebih dalam dan menyumbat lubang telinga anda. Sehingga mempengaruhi kemampuan mendengar seseorang.
Berikut ini merupakan cara menjaga kesehatan telinga:
  1. Asam folat dan seng itu tak hanya bisa membantu dalam menjaga kesehatan tubuh Anda, tetapi juga benar-benar bermanfaat untuk kesehatan telinga. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi kafein, gula, garam, rokok, serta pemanis buatan.
  2. Cara kedua yakni hindari berada di lingkungan bising, contohnya di sekitar mesin pabrik. Apabila Anda terlalu sering berada di daerah dengan lingkungan suara yang bising dapat menjadikan organ pendengaran Anda tuli, jika memang Anda terpaksa harus bekerja di daerah dengan lingkungan suara bising (Tuntutan pekerjaan), maka sebaiknya gunakan perangkat pelindung telinga, agar pendengaran tak terganggu nanti.
  3. Apabila telinga terasa berdengung atau sakit, sebaiknya hindari pengobatan dengan metode Anda sendiri, akan lebih baik apabila Anda pergi berkonsultasi ke dokter THT, di mana mereka akan memeriksa dengan lebih akurat. Dokter akan memberikan saran terbaik apa pun yang mengganggu pendengaran Anda.
  4. Cara keempat yakni Anda harus membersihkan telinga secara teratur, dan pakai cotton bud. Namun ketika menggunakan cotton bud harus ekstra hati-hati, jangan sampai terkejut, sebab nanti bisa-bisa cotton bud terdorong terlalu dalam dan menggores bagian penting di dalam organ telinga, itu justru malah lebih berbahaya, lebih baik tidak membersihkan telinga daripada terjadi kejadian seperti ini. Selain itu, dengan memasukkan cotton bud terlalu dalam, yang terjadi adalah kotoran telinga akan semakin masuk ke dalam, padahal itu di luar tujuan semula untuk mengeluarkan kotoran telinga. Kotoran yang masuk terlalu dalam pada organ telinga Anda akan menyebabkan gangguan pendengaran dan juga cedera pada organ telinga Anda, bisa terjadi infeksi jika sudah parah.
  5. Hindari menggunakan earphone, terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik memakai earphone ini saat di jalan maupun sebelum tidur. Jika memang mau menggunakan earphone atur batasan waktunya, jangan terlalu lama, paling tidak maksimal 1 jam saja, lebih kurang dari itu lebih baik. Dan saat menggunakan earphone tersebut, Anda jangan mengatur settingan suara terlalu keras, karena pendengaran dapat menjadi terganggu, kemampuan pendengaran Anda dapat menjadi berkurang dari batasan normal pendengaran manusia seharusnya. Jika memang memungkinkan, sangat disarankan untuk mendengarkan lagu tanpa menggunakan earphone, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan speaker.
 Cara Merawat Telinga yang Benar
  • Jangan Mengorek Telinga
Membersihkan telinga mungkin bisa dikatakan sebagai aktivitas yang mengasyikkan apalagi dengan mengorek bagian-bagian indera pendengar ini. Tapi tahukah anda bahwa mengorek telinga saat membersihkan justru akan meningkatkan resiko telinga anda akan terluka. Luka pada telinga seperti robeknya gendang telinga akan berdampak buruk bagi anda karena mengurangi kemampuan pendengaran anda. Normalnya, gendang telinga cenderung sedikit mengkilat.
  • Bersihkan Bagian Luar Saja
Sedikit aneh ya mendengar poin cara merawat telinga satu ini? Namun ternyata pembaca, telinga memiliki kemampuan alami untuk mendorong kotorannya ke bagian luar telinga. Sehingga sangat dianjurkan untuk membersihkan telinga bagian luar saja yaitu daun telinga dan rongga telinga bagian luar saja. Hal ini sangat masuk akal karena membersihkan kotoran hingga ke bagian dalamnya justru akan membuat kotoran telinga tersebut masuk lagi.
  • Check Up Rutin Dengan Ahli Atau Perawatan Pribadi
Cara merawat telinga yang sangat disarankan oleh penulis adalah dengan sering-sering mengunjungi dokter THT anda. Dokter spesialis satu ini tentunya memiliki berbagai alat yang lebih efektif dan aman untuk membantu perawatan telinga anda. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika perawatan yang anda lakukan berdampak negatif untuk pendengaran anda.
Untuk anda yang tidak menginginkan perawatan ribet dengan dokter THT, anda tetap bisa merawat telinga dengan baik. Tips merawat telinga pribadi dapat anda lakukan dengan membasuhkan telinga anda ketika anda mandi. Bersihkan daun telinga menggunakan air lalu keringkan dengan handuk yang bertekstur halus agar tidak melukai kulit anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan baby oil, lalu bersihkan seluruh bagian luar telinga anda termasuk rongga luar telinga. Perawatan ini hendaknya dilakukan maksimal sekali saja dalam seminggu.
  • Perawatan Tidak Berlebihan
Maksud dari poin cara merawat telinga ini adalah anda tidak perlu memastikan telinga anda benar-benar bersih. Mengapa? Karena telinga memproduksi serumen khusus yang efektif untuk menyaring berbagai kotoran yang masuk ke telinga serta untuk melumasi gendang telinga. Selain itu serumen telinga ini akan melindungi anda dari kemungkinan serangga yang masuk ke telinga juga debu-debu yang sangat familiar dengan kehidupan anda. Jadi cara perawatan telinga yang dianjurkan adalah membersihkan telinga seperlunya saja, cukup bersihkan rongga bagian luar saja, juga daun telinganya. 

Anda tentunya tidak menginginkan penampilan anda menjadi tidak maksimal karena telinga anda yang kotor khususnya bagi pembaca yang sering berinteraksi dengan banyak orang di dalam aktivitasnya. Namun perlu diperhatikan agar indera pendengaran anda berfungsi baik tapi tetap bersih dan sehat, tips-tips di atas perlu anda pertimbangkan. Juga, untuk meningkatkan dan mempertahankan performa telinga anda, cobalah untuk mengurangi penggunaan headset dan sejenisnya karena sebaik apa pun kualitas teknologi tersebut pasti akan
mempengaruhi kinerja gendang telinga anda. Semoga artikel tentang tips menjaga kesehatan telinga ini membantu anda. Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh
                                                         Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar