Manfaat Buah Pisang Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Senin, 21 September 2015
Manfaat Buah Pisang Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Buah pisang merupakan buah yang banyak memiliki kandungan gizi atau vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan kulit wajah. Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak di konsumsi di dunia untuk alasan yang baik. Buah kuning berbentuk melengkung yang dibungkus dengan segudang gizi besar. Pisang tumbuh setidaknya sekitar 107 negara dan menempati peringkat keempat di antara dunia tanaman pangan yang di nilai secara moneter. Ada pun berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam pisang:
  1. Vitamin B6 – 0,5 mg
  2. Mangan – 0,3 mg
  3. Vitamin C – 9 mg
  4. Kalium – 450 mg
  5. Serat – 3g
  6. Protein – 1 g
  7. Magnesium – 34 mg
  8. Folat – 25.0 mcg
  9. Riboflavin – 0,1 mg
  10. Niacin – 0,8 mg
  11. Vitamin A – 81 IU
  12. Besi – 0,3 mg
Manfaat Buah Pisang Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah Alergi
Pisang sangat bermanfaat bagi mereka yang alergi terhadap makanan tertentu. Tidak seperti makanan protein lainnya, yang mengandung asam amino yang orang-orang tidak bisa mentolerir dan dapat menyebabkan alergi. Pisang mengandung asam amino, yang dalam banyak kasus tidak menyebabkan alergi.
  • Mencegah penyakit jantung
pisang dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat mencegah oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam bua pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung.
  • Mengobati Penyakit Disentri
Pisang yang ditumbuk bersama dengan sedikit garam merupakan obat yang sangat baik untuk disentri. Pisang masak juga berguna dalam pengobatan disentri pada anak-anak, tetapi mereka harus dihaluskan sebelum menerapkannya.
  • Mengobati Sakit Perut/Maag
Campuran susu, pisang dengan madu bisa menjadi obat yang baik untuk sakit perut. Pisang menenangkan perut Anda, bersama dengan susu, membantu rehydrates sistem anda. Madu juga menghibur perut dan mengontrol gula darah dan kadar kalium kembali normal.
  • Mengobati Gangguan kemih/saluran kencing
Juice dari batang pisang dikenal sebagai obat untuk gangguan kemih. Hal ini meningkatkan fungsi ginjal dan hati, sehingga mengurangi kondisi ketidak nyamanan dan rasa sakit di dalamnya. Telah ditemukan sangat membantu untuk menghilangkan batu di ginjal dan prostat.
  •  Mengobati Gangguan Ginjal
Memiliki protein rendah dan garam ditambah kandungan karbohidrat yang tinggi, pisang efektif terhadap gangguan ginjal. Pisang berguna dalam uremia, kondisi racun dari darah, kemacetan ginjal dan disfungsi. Dalam kasus tersebut, diet pisang hanya harus diambil selama 3 sampai 4 hari dengan mengkonsumsi 8 sampai 9 pisang sehari. Diet ini cocok untuk semua masalah ginjal, termasuk nephritis.
  • Menyembuhkan Anemia
Memiliki kandungan zat besi tinggi, buah pisang bermanfaat dalam pengobatan anemia. Pisang membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.
  • Meningkatkan Energi
Fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang terkandung dalam pisang akan memberikan jumlah yang instan dan energi yang berkelanjutan. Ini adalah alasan mengapa atlet sering makan pisang.
  • Menyembuhkan Sembelit dan Diare
Pisang bisa menjadi obat yang baik untuk sembelit dan diare, karena pisang dapat membantu menormalkan fungsi usus. Pisang juga memiliki kemampuan untuk mengubah bakteri berbahaya dalam usus menjadi basil acidophilic menguntungkan.
  • Membantu untuk berhenti merokok
Kandungan Nutrisi dalam pisang termasuk vitamin seperti A1, B6, B12, C, magnesium, dan potassium membantu mengeluarkan nikotin dari tubuh.
  • Meningkatkan Mood/Suasana Hati
Pisang mengandung Tryptophan, asam amino esensial yang bertanggung jawab untuk produksi Serotonin. Serotonin adalah hormon yang dikenal untuk mengatasi depresi dan meningkatkan suasana hati.
  • Memperlancar Gangguan Usus
Pisang digunakan sebagai makanan untuk mengatur pencernaan karena mudah dicerna. Pisang jua merupakan satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam kasus maag kronis. Pisang masak sangat berguna untuk mengobati radang usus besar. Menjadi lembut, halus, dan mudah dicerna, mereka membantu keluar dari gejala akut dan mendukung proses penyembuhan.
  • Meningkatkan Fungsi Otak dan Menjaga Kewaspadaan
Kalium yang ditemukan dalam pisang merupakan sumber baik yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan menjaga kewaspadaan. Jadi tambahkan pisang untuk sarapan sebelum memulai hari.
  • Mengurangi resiko Serangan Jantung dan Stroke
Pisang merupakan sumber yang sangat baik dari potasium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh dan cairan dalam sel tubuh dan membantu dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin pisang dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40%.

Beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh

1. Buah Pisang Kaya akan Vitamin dan Serat
Tahukah anda bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel. Selain itu pisang juga kaya akan potasium. Maka dari itu buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Buah Pisang Bermanfaat Mengobati Sakit Maag
Ternyata selain dengan ramuan herbal, buah pisang juga bisa jadi solusi di saat kita sakit maag. Jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang memiliki zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maag.

3. Buah Pisang Bisa dijadikan Masker untuk Mengobati Jerawat
Caranya pun mudah anda hanya perlu menghancurkan daging buah pisang yang telah matang secukupnya, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Selanjutnya diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan tips ini secara rutin hingga jerawat benar-benar hilang.

4. Buah Pisang Bisa Meningkatkan mood
Selain dapat mengatasi penyakit maag dan jerawat, buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari.

5. Buah Pisang Bisa Menghaluskan Kulit Wajah
Kulit wajah anda terlihat kusam dan terasa kasar? Mungkin masker pisang dan madu ini bisa jadi solusi untuk anda caranya, haluskan buah pisang matang dengan blender, kemudian campur dengan 2 sendok madu. Setelah itu anda bisa mengoleskan masker pisang tersebut pada wajah anda. Diamkan 10-25 menit setelah itu baru kemudian anda cuci bersih wajah anda dengan air dan rasakan bedanya.

6. Sebagai Sumber Energi
Kandungan karbohidrat dalam pisang bisa jadi sumber energi untuk tubuh kita. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi dalam melakukan aktivtas ehari-hari

7. Bermanfaat Untuk Mengalirkan oksigen ke otak
Buah pisang juga bermanfaat dalam mengalirkan oksigen ke otak karena buah pisang sendiri kaya akan potasium, sehingga kandungan pada buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.


8. Dapat Memperlancar Proses Metabolisme / Buang Air Besar
Bagi anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar, anda dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme

9. Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
Gigitan nyamuk yang sangat mengganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

10. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

11. Pisang dapat mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat  dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita

12. Mencegah penyakit jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung karena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

13. Mengatasi anemia (kurang darah)
Buah pisang juga mengandung zat besi. Makanlah dua buah pisang setiap hari, maka itu cukup untuk membuat menyelamatkan penderita anemia.

14. Bermanfaat untuk Menurunkan berat badan
Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis, selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Dengan catatan, pisang tidak diolah menjadi banana milk shake, pisang goreng, atau pun kolak. Kemudian kandungan serat pada pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan.


15. Buah pisang baik untuk Ibu hamil
Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar