Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Senin, 31 Agustus 2015
Mata Sehat

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat. Mata merupakan organ tubuh kita yang sangat penting atau berharga, karena dengan mata yang sehat kita bisa melihat indahnya dunia beserta isinya. karena itu kita harus menjaga mata kita agar tetap sehat.

10 Tips Mudah Cara Menjaga Kesehatan Mata

  1.  Makan Makanan yang Baik Untuk Mata
    Setelah seharian di depan komputer, otomatis mata akan mudah lelah, dan jika di biarkan lama kelamaan mata bisa terkena penyakit. Agar mata berfungsi secara normal, kita harus pintar memilih makanan. Antara lain :
    • Makanan yang mengandung vitamin A, C dan E
    • Makanan yang mengandung anti oksida, seperti sayuran hijau, kuning telur, paprika, labu, ubi dan wortel
    • Makanan yang kaya akan sulfur, sisteina dan lesitin, seperti bawang putih, bawang Bombay dan bawang merah
    • Konsumsi buah blackberry yang kaya antosianin, seperti blueberry (bukan merk hp china), anggun dan goji berry
    • Makanan yang kaya akan DHA atau asam lemak, seperti yang terdapat pada ikan salmon, sarden, mackerel dan cod
  2. Olahraga Mata

    Memang hanya tubuh yang butuh olahraga? Mata juga perlu. Agar bisa berfungsi dengan normal dan optimal. Lakukan olahraga mata selama satu bulan untuk mendapatkan hasil maksimal. Yang bisa dilakukan, antara lain :
    • Hangatkan mata. Caranya : gosok-gosokkan telapak tangan sampai hangat, lalu tempelkan telapak tangan tersebut di mata selama lima detik. Dan ulang ulang sebanyak3 kali.
    • Putar bola mata, . Caranya : melihat ke atas, putar bola mata perlahan 10 kali berlawanan dengan searah jarum jam.
    • Coba fokus. Caranya : pegang sebuah pulpen, lalu ulurkan tangan ke depan dan fokuskan perhatian mata pada pulpen tersebut. Secara perlahan dekatkan pulpen ke mata dengan jarak 12 cm dari hidung, dan jauhkan kembali. Ulangi sebanyak 10 kali.
    • Pijat kedua pelipis dengan menggunakan ibu jari. Caranya : pijat gerakan memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata dan di batang hidung.
  3. Mata Perlu Istirahat Juga
    Istirahatkan mata dengan tidur yang cukup selama 8 jam sehari, bisa membantu menjaga kesahatan mata kamu. Setelah menatap layar monitor selama 50 menit, istirahatkan mata kamu selama 10 menit.
    Jika merasa mata kamu sangat lelah, ambil potongan timun dingin dan letakan di atas kelopak mata. Diamkan selama 15 menit. Mata kamu akan kembali segar.
     
  4. Jaga Jarak Pandang

    Ketika sedang berada di depan layar monitor atau TV, jarak pandang ideal adalah sekitar 50-100cm. Sama seperti membaca buku, jarak yang ideal sekitar 30cm dan jangan kamu membaca buku sambil tiduran ataupun dalam ruangan gelap. Hal ini dimaksudkan agar kamu terhindar dari miopi atau rabun dekat.
     
  5. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

    Jangan selalu mengucek mata ketika mata terasa gatal. Di tangan banyak kuman dan debu yang tidak terlihat, apalagi setelah kamu memegang benda yang kotor maka dapat berakibat gatalnya tidak hilang malah mata akan merah dan berair. Jangan mengucek mata lagi, ya karena sangat buruk untuk kesehatan mata.
     
  6. Periksa Mata

    Periksakan mata kamu secara rutin supaya terhindar dari penyakit yang bisa menyerang mata sewaktu-waktu.
     
  7. Berhenti Merokok

    Bagi perokok, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang. Karena dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata, seperti katarak dan kerusakan saraf optik.
     
  8. Gunakan Kacamata di Saat yang Tepat

    Pastikan memakai kacamata atau gunakan pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya. Gunakan pula kacamata hitam untuk pelindung cahaya uv dari sinar matahari
     
  9. Jangan Memakai Lensa Kontak Lebih Dari 19 Jam

    Menggunakan lensa kontak memang bagus untuk penampilan, tapi jangan sampai kamu melupakan kesehatan mata. Memakai lensa kontak lebih dari 19 jam akan menyebabkan iritasi dan dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta rasa tidak nyaman pada mata kamu. Jangan juga memakai kacamata terlalu lama, ya!
     
  10. Kurangi Penggunaan Tetes Mata

    Mengurangi pemakaian obat tetes mata untuk mengatasi mata merah, boleh saja. Namun pakailah hanya sekali. Jika berlebihan akan merusak kesehatan mata kamu.

Makanan untuk Kesehatan Mata


  • Salmon
Seperti yang sudah diketahui, salmon kaya akan asam lemak omge-3 yang mampu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mata. Selain itu, salmon juga mengandung asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12.
  • Brokoli
Brokoli mengandung banyak vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.
  • Bayam
Bayam kaya akan kandungan vitamin A. Bayam dan juga sayur-sayuran berdaun hijau lainnya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk mata.
  • Kale
Kale mengandung vitamin A, juga lutein, dan zeaxathin: resep sempurna untuk menunjang kesehatan mata dan penglihatan.
  • Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan lycopene tinggi, yang mana keduanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.
  • Telur
Telur memiliki banyak nutrisi berharga untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan juga cysteine.
  • Bawang putih
Bawang putih mengandung selenium, vitamin C dan quercetin. Selain itu makanan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Alpukat
Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung sangat banyak nutrisi dibanding yang lainnya. Sangat baik untuk tubuh, termasuk mata. Alpukat mengandung lutein yang sangat tinggi. Lutein adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak dan degenrasi makula.  Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.
  • Wortel
Seperti telah diketahui, buah dan sayuran yang berwarna orange adalah baik untuk mata. Adalah beta-carotene, salah satu tipe vitamin A yang memberi warna orange pada wortel, membantu untuk retina dan bagian lain pada mata agar berfungsi dengan baik.
  • Biji bunga matahari
Jenis makanan yang sering jadi cemilan ini mengandung banyak selenium dan vitamin E, yang mampu mencegah katarak dan gangguan mata lainnya.

 tips mudah menjaga kesehatan mata anda :
  • Perhatikan Jarak Membaca Buku. Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun dekat.
  • Jangan Sambil Tiduran. Usahakan tidak membaca buku atau teks apa pun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.
  • Pencahayaan Yang Cukup. Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. karena penerangan yang kurang, dapat mengganggu kesehatan mata.
  • Istirahatkan Mata. Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apa pun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.
  • Jangan Kucek Mata. Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.
  • Kedipkan Mata. Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer atau pun laptop.
  • Makanan Untuk Mata. Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar