Manfaat Buah Belimbing Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Senin, 28 September 2015
Manfaat Buah Belimbing Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Buah Belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L merupakan buah yang sedikit sekali peminatnya atau jarang peminat dibanding buah lainnya. Di samping rasanya yang segar, manis dan terkadang sedikit asam, buah belimbing nyatanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab, buah belimbing mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat buah belimbing dapat digunakan sebagai cara dalam mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan belimbing memiliki kandungan vitamin B9 yaitu asam folat yang sangat penting untuk mencegah jantung dari penyakit dan stroke. Jumlah kecil dari riboflavin, niasin dan vitamin membuatnya fleksibel dan merupakan sumber terbaik dari vitamin seperti A, B, dan C yang penting untuk tingkat metabolisme studi dalam tubuh. Belimbing juga mengandung vitamin B5 , flavonoid dan antioksidan.
  • Mencegah rambut Rontok
Buah belimbing bekerja sangat efektif dalam mencegah rambut rontok melalui vitamin C dan antioksidan yang dikenal baik untuk kesehatan serta juga digunakan untuk menunda proses penuaan dini secara alami.
  •   Pengobatan jerawat
Untuk mengobati jerawat, Persiapkan 5 buwah belimbing segar. Cuci secara menyeluruh. Blender Buah belimbingnya tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan pagi dan sore hari. Atau mempersiapkan 5 buah belimbing dan 1/5 sendok teh bubuk belerang, ditumbuk halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. basuhkan pada bagian yang berjerawat dan bagian wajah yang berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • Pengobatan Tekanan Darah Tinggi
Gunakan 5 buah belimbing belimbing buah dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah sarapan.
  • Pengobatan batuk
Ambil Daun, bunga, buah, masing-masing banyaknya sama yang dibutuhkan untuk pengobatan direbus dengan air 3 gelas sampi mendidih selama 30 menit, dan minum airnya.
  • Pengobatan Diabetes
Sementara unutuk Anda penderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing, kemudian dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai air setengah, Saring dan minum 2 kali sehari.
  • Pengobatan Gondok
Ambil daun belimbing Setengah genggam ditumbuk dengan bawang putih 3. kompreskan pada bagian gondok. 10 ranting muda belimbing berikit daunya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu haluskan. balurkan pada bagian yang sakit.
  • Pengobatan Rematik
Ambil Segenggam daun belimbing dicuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit. 100 gr daun muda belimbing, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur. tempelkan adonan bubur itu ketempet yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari.
  • Pengobatan Panu
Gunakan Sepuluh buah belimbing dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan kapur sirih dari biji asam jawa, hancurkan sampai halus. gosok kulit yang ada panunya. Lakukan 2 kali sehari.
  • Mencegah Rambut uban
Nah, ini cocok bagi Anda yang masih muda usia, namun telah memiliki uban dengan jumlah banyak. berbagai mineral serta vitamin dalam jus belimbing bermanfaat mengurangi kondisi beruban pada rambut. Antioksidannya juga menjaga sel-sel tubuh lainnya dalam mengalami penuaan dini.

Didalam dunia kesehatan, buah belimbing memiliki khasiat antara lain :
  1. Buah belimbing untuk mengatasi penyakit batuk pada anak-anak.
  2. Dapat Mengatasi sariawan dan gusi berdarah.
  3. Buah ini dapat Mengurangi rasa sakit gigi berlubang.
  4. Mengatasi jerawat dan panu.
  5. Dapat Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.
  7. Membantu memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kelumpuhan.
  8. Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan.
  9. Baik dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing bisa membantu menghancurkan kolesterol.
  10. Dan buah belimbing dapat Mengatasi radang rectum.
Berikut Ini Adalah Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dalam Sehari-hari.
  1. Dengan banyaknya kandungan vitamin A dan vitamin C yang dimiliki oleh buah belimbing, maka buah belimbing ini sangat cocok dan bermanfaat sekali sebagai makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk menangkal terhadap berbagai penyakit. Karena dua vitamin tersebut memiliki fungsi sebagai zat antioksidan.
  2. Selain menangkal terhadap berbagai jenis penyakit, buah belimbing juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga memiliki khasiat menyetabilkan berat badan
  3. Buah belimbing yang memiliki rasa manis mengandung zat pektin dimana zat pectin ini sangat berguna sekali dalam rangka mengurangi kolestrol serta bisa mencegah penyakit hepatitis. Karena buah belimbing juga mengandung banyak serat maka buah belimbing juga bisa memperlancar buang air besar.
  4. Selanjutnya, manfaat dari buah belimbing adalah bisa digunakan sebagai obat kencing batu. Bagi penderita kencing batu bisa memanfaatkan belimbing sebagai obatnya dengan cara yang cukup mudah, yaitu cukup mengkonsumsi buah belimbing yang dicampur dengan madu murni atau madu alami secara rutin.
  5. Manfaat buah belimbing lainnya yaitu bila di konsumsi secara langsung maka memiliki khasiat yang luar biasa sekal, yaitu bisa mencegah infeksi pada mulut dan juga mencegah infeksi pada tenggorokan.
Kandungan gizi belimbing 
 
  •  Kalori 31 Kcal  1.5%
  • Karbohidrat 6.73 g  5%
  • Protein 1.04 g  2%
  • Lemak 0.33 g  1%
  • Kolesterol 0 mg  0%
  • Serat 2.80 g  7%
  • Folat 12 µg  3%
  • Niacin 0.367 mg  2.25%
  • Pyridoxine 0.017 mg  1.5%
  • Riboflavin 0.016 mg   1.25%
  • Thiamin 0.014 mg   1%
  • Vitamin A 61 IU   2%
  • Vitamin C 34.4 mg   57%
  • Vitamin E 0.15 mg   1%
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar