Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Kamis, 27 Agustus 2015
Buah Kersen

Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan. Kersen atau tolak memiliki nama latin Muntingia calabura L termasuk keluarga dari tanaman Elaecarpaceae yaitu sejenis buah berukuran kecil, dan memiliki rasa yang manis.
Manfaat buah kesen 

Buah kersen memiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya yaitu:
  •  Membantu membunuh mikroba berbahaya dengan cara mengkonsumsi buah secara langsung atau meminum rebusan buah.
  • Mencegah peradangan dan menurunkan demam karena buah ini memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai anti inflamasi.
  •  Dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh karena memiliki senyawa anti tumor.
  •  Mengobati asam urat dan menormalkan kembali asam urat tubuh dengan cara mengkonsumsi buah secara rutin setiap hari.
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi secara rutin karena buah ini mengandung kalium yang dapat mengstabilkan tekanan darah.
  • Menurunkan resiko terkena penyakit stroke.
  • Menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A dan betakaroten.
  • Mencegah timbulnya penuaan dini karena kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk kesehatan kulit.
  • Membantu menurunkan berat badan karena mengandung karbohidrat yang dapat untuk menahan lapar lebih lama dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin.
  • Menghilangkan dan mencegah jerawat dengan mengoleskan buah yang telah di haluskan ke kulit. 
Manfaat buah kersen untuk kesehatan: 

  1.  Mencegah pertumbuhan tumor

    Selain dimanfaatkan buahnya, Anda pun bisa memanfaatkan daun kersen sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk mencegah tumor. Daun kersen memiliki kandungan flavonoid, tannin serta saponin yang efektif untuk mencegah pertumbuhan tumor. Selain itu, minum air dari rebusan daun kersen akan mencegah peradangan, inflamasi dan akan menjadi antiseptik terbaik.
  2. Mengatasi diabetes

    Khasiat daun kersen antara lain mampu mengatasi diabetes. Memanfaatkan daun kersen sebagai bahan alami untuk mengatasi gula darah tinggi telah dilakukan sejak zaman dahulu, cukup banyak ilmuwan yang telah melakukan penelitian pada daun kersen untuk mengungkap kandungan dan manfaat di dalamnya, “Daun kersen mengandung saponin serta flavonoid yang berperan sebagai anti oksida sehingga mampu menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme gula” kata Suhardjono, dosen Fakultas Kedokteran Undip.”
  3. Menjaga fungsi otot jantung

    Selain baik untuk mengatasi diabetes, daun kersen juga baik untuk menjaga fungsi otot jantung, dari sebuah penelitian telah dibutkikan jika daun kersen bekerja dengan sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.
*Manfaat Daun Kersen Untuk Diabetes
  • Mengatasi kolesterol tinggi
Manfaat daun kersen untuk diabetes sudah disebutkan sebelumnya, di samping mampu mengatasi gula darah tinggi dan menjaga kesehatan fungsi otot jantung, daun kersen juga ampuh untuk mengatasi kolesterol tinggi. Cukup dengan merebus satu sampai dua genggam daun kersen yang masih segar dengan 3 gelas air putih dan rebus selama beberapa menit sampai air rebusannya tersisa setengah, setelah air rebusan matang, dinginkan dan minum air rebusan daun kersen 3x setiap harinya.
  • Mengatasi asam urat
Salah satu manfaat alami yang dimiliki buah kersen adalah mampu mengatasi asam urat. Selain mengambil manfaat alami yang dimiliki oleh dedaunannya, ambilah juga manfaat dari buah kersen, tidak terkecuali untuk mengatasi penyakit asam urat. Cukup dengan mengkonsumsi 9 buah kersen segar setiap hari, di pagi, siang dan malam hari, anggaplah jika buah kersen adalah menu camilan sehari-hari, sebagai pengganti apel.Dengan mengkonsumsi buah kersen setiap harinya, tubuh akan terhindar dari serangan sakit akibat penyakit asam urat.

Kandungan Gizi Buah Kersen / Talok

Meskipun buah ini sering digunakan sebagai penghias kue tart. Buah mungil yang satu ini ternyata menyimpan beberapa kandungan senyawa penting yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah Penelitian dan ditulis oleh Julia F Morton dalam bukunya yang berjudul “Fruits of Warm Climates” tahun 1987. Menurutnya, setidaknya ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah cerry/kersen ini.
Setiap 100 gr buah talok memiliki kandungan :
  1. Air sebanyak 77,8 gram
  2. Lemak sebanyak 1,56 gram
  3. Protein sebanyak 0,324 gram
  4. Kalsium sebanyak 124,6 miligram
  5. Serat sebanyak 4,6 gram
  6. Zat besi sebanyak 1,18 miligram
  7. Fosfor sebanyak 84 miligram
  8. Vitamin B1 (Tiamin) sebanyak 0,065 miligram
  9. Vitamin C (antioksidan atau Ascorbic Acid) sebanyak 80.5 miligram
  10. Karotin sebanyak 0,019 miligram
  11. Niacin sebanyak 0,554 miligram
  12. Riboflavin sebanyak 0,037 miligram

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar