Tips Mencegah Penyakit Kanker Dengan Buah Ciplukan

Minggu, 30 Agustus 2015
 Buah ciplukan

Tips Mencegah Penyakit Kanker Dengan Buah Ciplukan. Ciplukan adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika buah itu masak ia akan tertutup oleh pembesaran kelopak bunga. ciplukan merupakan tanaman yang mudah di jumpai. Ciplukan mempunyai manfaat dan khasiat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

 manfaat buah ceplukan bagi tubuh

  • Mencegah Kanker
Buah ceplukan memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan bermanfaat sebagai pembuatan suplemen gizi yang berguna untuk mencegah penyakit kronis tertentu dan beberapa jenis kanker. Zat karotenid dan senyawa polifenol dalam buah ini juga dapat menetralisir zat perusak yang mengubah sel sehat menjadi kanker. Penelitian telah membuktikan polifenol dapat mencegah penyebaran berbagai jenis kanker.
  • Teman Diet
Sebagai makanan yang rendah kalori (53 kalori per 100 gram), buah ceplukan memberikan nutrisi harian Anda, namun tidak memberikan asupan lemak negatif atau kalori ke dalam tubuh. Buah ceplukan menjadi makanan alternatif yang tepat bagi Anda yang tengah berdiet.
  • Menurunkan Kolesterol
Sejumlah orang beranggapan lemak tidak baik untuk tubuh, namun nyatanya tubuh memerlukan berbagai macam asam lemak untuk aktivitas di dalam tubuh. Asam oleat dan linoleat yang terkandung dalam buah ceplukan dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menyeimbangkan jumlah kolesterol yang menjadikan jantung tetap sehat.

  • Mencegah Timbulnya Sel Kanker
Withanolide merupakan senyawa yang cukup langka seperti terkandung di dalam gingseng. Buah ceplukan ternyata mengandung senyawa tersebut. Senyawa itu dapat menjadi antioksidan yang kuat, mencegah apoptosis (sel mati secara otomatis) dan memperlambat atau bahkan mencegah sel kanker di dalam tubuh.
  • Mengatur Kadar Gula
Beberapa senyawa dalam buah ceplukan dapat memperlambat dan mengurangi asupan gula berlebihan dari karbohidrat. Senyawa tersebut dapat mengatur jumlah gula darah yang masuk dan mengatur reseptor insulin dengan baik. Dengan begitu, buah ini menjadi metode pencegahan yang efektif dan pengobatan untuk menyembuhkan diabetes tipe II.
  • Menyehatkan Hati dan Ginjal
Buah ceplukan dapat membantu menghilangkan racun dengan merangsang buang air kecil dan mengurangi lemak, garam, dan racun berlebihan  dari tubuh.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Tingkat vitamin C di dalam satu buah ceplukan yang berjumlah 15% dari asupan harian yang direkomendasikan membuat buah ini penting bagi tubuh seseorang. Vitamin C (asam askorbat) merangsang produksi sel darah putih dan juga menjadi antioksidan. Vitamin C merupakan salah satu komponen penting dalam produksi kalogen yang berguna memperbaiki dan menghasilkan sel, jaringan, organ dan pembuluh darah.
  • Menyehatkan Mata
Kandungan karotenid yang tinggi dalam buah ciplukan dapat meningkatkan kesehatan mata seseorang. Karotenid menghilangkan beban stres oksidatif pada mata, mencegah perkembangan katarak, dan memperlambat timbulnya degenarsi macula sehingga menjaga mata tetap sehat.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Pengobatan Penyakit:

  1. Dapat Mengobati Flu
    Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat mengobati seseorang yang sedang terserang flu. Cara pembuatan obatnya pun tidaklah suit yaitu :
        Potong-potong daun ciplukan hingga menjadi beberapa bagian
        Kemudian rebus dengan air sampai mendidih
        Minum air rebusannya, hingga sembuh
     
  2. Obat Radang Tenggorokan
    Tak hanya dapat mengobati flu biasa, namun daun ciplukan bahkan dapat menjadi obat untuk radang tenggorokan yang kerap kali menyerang anak-anak atau pun dewasa. Cukup dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan ini untuk meredakan radang tenggrokan secara alami. Khasiat untuk mengatasi radang tenggorokan ini, dapat juga ditemui pada :
        manfaat buah rambutan
        manfaat akar kuning
     
  3. Mengobati Pertusis
    Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi yang mengalami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk ini secara alami secara bertahap, namun tidak kembali lagi.
     
  4. Mengobati Gondongan
    Daun ciplukan juga memiliki manfaat untuk meredakan radang, hingga yang menyebabkan mengurangi nyeri seperti gondongan. Gondongan adalah kondisi di mana bagian kelenjar di bawah leher, mengalami pembengkakan. Ketika mengalami gondongan akan terasa nyeri, kemudian secara alami dapat dikurangi dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan.
     
  5. Obat Untuk Bisulan
    Sebagai anti radang yang sangat berkhasiat, daun ciplukan pun dapat digunakan untuk mengobati bisulan pada kulit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan ke bisul yang sedang meradang. Namun pastikan tangan anda dalam keadaan bersih.
     
  6. Mempercepat Pengeringan Borok
    Bagi yang menderita sakit borok pun dapat diatasi dengan daun ciplukan. Hanya dengan menumbuk daun ciplukan dengan alu, kemudian oleskan pada borok yang sedang meradang. Borok yang sedang dialami dapat semakin cepat mengering. Selain daun ciplukan, khasiat penyembuhan luka ini dapat ditemui pada :
        manfaat buah tin
        manfaat buah duku
     
  7. Mengobati Kencing Manis
    Manfaat lain yang dapat Anda rasakan dari daun ciplukan ialah karena khasiatnya yang dapat mengobati kencing manis. Penderita kencing manis hanya perlu meminum rebusan daun ciplukan secara rutin agar penyakit kencing manis dapat segera hilang. Tanaman herbal lain yang dapat mengatasi kencing manis ini seperti :
        manfaat kumis kucing
        manfaat daun binahong
     
  8. Mengurangi Penyakit Paru-Paru Basah
    Khasiat daun ciplukan juga sangat besar bagi yang menderita penyakit paru-paru basah. Terutama air rebusan daun ciplukan yang di konsumsi secara teratur, dapat mengurangi masalah kesehatan ini.
     
  9. Mengurangi resiko Terjadinya Epilepsi
    Bahkan, air rebusan daun ciplukan pun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit epilepsi. Kemudian bagi yang memiliki penyakit tersebut, kemungkinan akan mengurangi kekambuhan penyakit epilepsi yang diderita.
     
  10. Meredakan Gangguan Kelenjar Getah Bening
    Apabila pernah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, maka sangat disarankan untuk meminum air rebusan daun ciplukan secara rutin. Namun meminum air rebusan tanaman seperti daun ciplukan ini, harus diimbangi dengan asupan manfaat air putih.
Cara Alami Mencegah Kanker
  1. Memeriksa resiko karena keturunan
  2. Hindari makanan yang dibakar atau diasap
  3. Menjauhi alkohol
  4. Menghindari kebiasaan merokok
  5. Menghindari makanan berlemak
  6. Makan makanan kaya serat dan Antioksidan
  7. Rutin olahraga
  8. Konsumsi vitamin A, C, dan E
  9. Mengkonsumsi Teh Hijau
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar